Obat Sakit Gondok – Penyebab dan Gejala Yang Ditimbulkannya

Obat Sakit Gondok – Penyebab dan Gejalanya – Hai sobat herbalku? Jumpa kembali dengan saya admin jamuobat.com. Di sini kami menyediakan beragam macam infomasi seputar kesehatan yang akurat dan harus Anda ketahui. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kesehatan seputar obat sakit gondok yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Langsung saja ke pokok pembahasan yang pertama yakni sakit gondok atau penyakit gondok.

Obat Sakit Gondok – Pengertian Sakit Gondok

Nah, apa kalian tahu apa itu sakit gondok atau penyakit gondok??? Kalau yang belum tahu mari merapat kembali dan bagi yang sudah tahu mari kita flashback kembali. Penyakit gondok merupakan salah satu penyakit pembengkakan pada bagian tubuh khususnya pada bagain leher. Dalam dunia medis penyakit gondok ini disebut dengan penyakit kelenjar tiroid. Kelenjar ini dapat ditemukan pada bagian depan leher tepatnya di bawah jakun atau sedikit di bawah laring.

Kelenjar tiroid ini memiliki fungsi sebagai pengatur berbagai sistem metabolisme tubuh, sehingga keberadaannya ini sangat penting untuk tubuh manusia. Dari yang diketahui kelenjar tiroid ini memproduksi dua hormon penting  bagi tubuh yakni triiodoteronin (T3) dan tiroksin (T4). Kedua hormon ini memiliki fungsi sebagai :

  • pengatur kecepatan metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh,
  • pengatur suhu tubuh,
  • pengendali denyut jantung, dan
  • pengatur produksi protein.

Nah, jika kelenjar tiroid ini memiliki masalah atau gangguan kesehatan penyakit pun dapat langsung menghinggapinya seperti salah satunya penyakit gondok ini.

obat sakit gondok - penyebab dan gejalanya

Obat Sakit Gondok – Penyebab dan Gejala Yang Ditimbulkannya

Penyakit gondok ini dapat ditandai dengan adanya benjolan di sekitar leher tepatnya di bawah jakun. Benjolan yang dimiliki setiap pasien penyakit gondok dapat berbeda-beda. Pada awalnya benjolan yang muncul mungkin dapat berukuran sangat kecil. Namun yang perlu diketahui, benjolan ini jika terus dibiarkan tanpa pengobatan atau pemberian obat sakit gondok yang tepat, kemungkinan dapat tumbuh semakin membesar dan bahkan dapat menyebabkan beberapa komplikasi.

Nah, dari yang diketahui terdapat dua jenis penyakit gondok diantaranya :

  • penyakit gondok difus : pada jenis penyakit gondok ini bejolan yang ditimbulkannya terasa mulus atau halur saat disentuh.
  • penyakit gondok nodul : sedangkan untuk jenis ini, benjolan yang ditimbulkannya terasa bergumpal dan tidak rata. Hal ini disebabkan karena terdapat beberapa benjolan kecil atau cairan dalam benjolan tersebut.

Obat Sakit Gondok – Penyebab Sakit Gondok

Penyebab dari penyakit gondok ini sangat beragam, sehingga sulit untuk diketahui secara pasti. Hal ini dikarenakan setiap pasien penyakit gondok memiliki penyebab yang berbeda-beda. Namun, dari beberapa contoh kasus penyakit gondok ini terdapat beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit gondok, diantaranya :

  • Hiperteroidisme, yaitu suatu kondisi di mana hormon tiroid dihasilkan secara berlebihan. Hal ini biasanya terjadi akibat dari penyakit grave (penyakit autoimun yang mempengaruhi kinerja kelenjar tiroid).
  • Hipotiroidisme, yaitu suatu kondisi di mana hormon tiroid yang dihasilkan rendah. Hal ini biasanya dipicu akibat dari kekurangan yodium atau penyakit hashimoto (penyakit autoimun).
  • Merokok, asap tembakau dari rokok diketahui dapat menyebabkan terganggunya kemampuan tubuh dalam menyerap yodium. Hal ini dikarenakan asap tembakau mengadung senyawa tiosianat.
  • Adanya nodul pada kelenjar tiroid, nodul sendiri merupakan benjolan yang bersifat jinak. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan kalau benjolan tersebut dapat bersifat ganas. Sehingga perlu pemeriksaan yang menyeluruh untuk mencegah terjadinya keganasan pada benjolan tersebut.
  • Adanya infeksi kelenjar tiroid yang disebabkan oleh virus, bakteri atau obat-obatan tertentu.
  • Terkena paparan radiasi, seperti saat menjalani radioterapi,
  • Pengaruh obat litium, yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi depresi dan gangguan bipolar.
  • Akibat pubertas, kehamilan dan manopause, kondisi seperti ini terkadang dapat mempengaruhi perubahan hormon pada kelenjar tiroid.
  • Akibat pengaruh kanker kelenjar tiroid.

Nah, karena penyebab dari penyakit gondok ini sangat beragam, maka pengobatan atau pemberian obat sakit gondok yang diberikan dokter pun dapat berbeda. Untuk mengetahu lebih lanjutnya, ada baiknya konsultasikan segera pada dokter bersangkutan jika Anda mengalami beberapa gejala penyakit gondok.

Obat Sakit Gondok – Gejala Sakit Gondok

Pada kasus penyakit gondok, tidak semua pasien mengalami gejala dan bahkan mereka tidak pernah menyadari adanya gejala penyakit tersebut. Namun, dari setiap kasus yang terjadi, gejala yang paling umum ditemukan pada kasus penyakit gondok adalah adanya benjolan abnormal atau pembengkakan pada leher.

Benjolan yang dialami setiap pasien penyakit gondok ini pun memiliki ukuran yang berbeda-beda. Umumnya ukuran benjolan yang kecil tidak akan menimbulkan keluhan. Namun, walaupun demikian benjolan ini tidak menutup kemungkinan akan tumbuh membesar. Jika hal ini terjadi maka benjolan tersebut dapat mempengaruhi pernapasan dan menyebabkan kesulitan dalam menelan.

Gejala-gejala lain yang mungkin saja ditimbulkan akibat pembengkakan ini antara lain :

  • batuk-batuk,
  • kesulita bernapas dan menelan,
  • suara berubah menjadi serak,
  • tenggorokan terasa membengkak.

Nah, jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut dan bahkan benjolan yang dimiliki terus membesar, ada baiknya untuk mengkonsultasikannya kepada dokter bersangkutan. Hal ini dilakukan dengan tujuan, agar perawatan dan pemberian obat sakit gondok tepat dan sesuai dengan jenis gondok yang dialami.

Obat Sakit Gondok – Faktor Risiko Sakit Gondok

Nah, dari banyaknya kasus yang terjadi mengenai penyakit gondok ini, ternyata penyakit ini dapat menyerang siapa saja lho. Namun selain itu terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatakan risiko seseorang terkena penyakit gondok, beberapa diantaranya adalah :

  • Jenis kelamin : dari yang diketahui ternyata wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan tiroid dibanding dengan pria.
  • Keturunan : seseorang yang memiliki anggota keluarga yang pernah mengidap kanker tiroid atau gangguan autoimun dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit gondok.
  • Usia : pada usia 40 tahun ke atas penyakit gondok akan semakin meningkat.
  • Kehamilan dan Manoupause : wanita yang sedang hamil dan manoupause pun dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit gondok. Namun untuk kasus ini penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Obat Sakit Gondok – Pengobatan Sakit Gondok

Pengobatan penyakit gondok yang diberikan biasanya tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran benjolan, penyebab gondok dan gejala yang ditimbulkannya. Hal ini dilakukan agar dokter dapat memberikan obat sakit gondok yang tepat dan sesuai.

Jika benjolan berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala apapun, biasanya dokter tidak akan langsung menanganinya, melainkan memantau perkembangannya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kemungkinan penyakit gondok yang diderita bisa sembuh tanpa membutuhkan penangan khusus.

Nah, sebaliknya jika benjolan terus membesar dan bahkan dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh lainnya, kemungkinan dokter akan menganjurkan beberapa metode penanganan khusus seperti :

  • Terapi penggantian hormon : metode ini dilakukan untuk membantu menangani hipotirodisme dengan mengganti hormon tiroid tersebut dan umumnya metoder terapi ini harus dijalani seumur hidup. Biasanya penggunaan obat sakit gondok untuk terapi ini adalah obat levothyroxine.
  • Obat penurun hormon tiroid : jika penyakit gondok disebabkan oleh hipertiroidisme, dokter akan memberikan obat thionamide. Jenis obat sakit gondok berfungsi untuk membantu menurunkan kadar hormon tiroid yang tinggi. Namun, kemungkinan obat ini dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti mual, nyeri pada sendi, ruam ringan dan penurunan jumlah sel darah putih secara mendadak.
  • Terapi Yodium radioaktif : nah, jika penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium, dokter akan menyarankan terapi yodium radioaktif dan biasanya terapi ini juga digunakan untuk menangani hiperteroidisme. Terapi ini berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tiroid dan telah terbukti dapat mengecilkan ukuran benjolan serta memicu terjadinya hipoteroidisme.
  • Prosedur Operasi : jika benjolan yang timbulkan semakin membesar dan mengganggu sistem pernapasan serta menyebabkan kesulitan menelan. Dokter biasanya akan menyarankan tindakan operasi. Metode yang dilakukan ini berupa pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid (tiroidektomi).

Pasien yang menjalani metode ini kemungkinan dapat mengalami kerusakan saraf (perubahan suara dan gangguan pernapasan) dan kerusakan kelenjar paratiroid yang dapat mempengaruhi pengaturan kadar kalsium dalam darah dan tulang. Komplikasi ini pun bisa saja bersifat sementara atau bahkan permanen.

Obat Sakit Gondok Secara Alami dan Efektif

Selain pengobatan medis, sakit gondok juga dapat diobati dengan cara alami dengan mamanfaatkan beberapa bahan herbal yang telah terbukti khasiatnya dalam membantu mengobati sakit gondok. Beberapa bahan herbal yang dapat digunakan sebagai obat sakit gondok ini di antaranya :

Bawang Putih

Bawang putih diketahui memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mendorong glutathione, molekul yang dapat membantu menjaga kelenjar tiroid agar tetap sehat. Selain itu bawang putih juga kaya akan senyawa yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang sangat baik untuk mengobati peradangan atau pembengkakan termasuk penyakit gondok. Bawang putih ini dapat dijadikan sebagao obat sakit gondok yang efekti dan aman. Berikut cara pengolahan bawang putih untuk mengobati sakit gondok :

  • Cara 1
    Kunyah 3-4 siung bawang putih mentah di pagi hari atau bisa ditambah sedikit cengkeh.
  • Cara 2
    *Rebus 1/2 sendok teh bawang putih cincang, 1/2 sdt air lemon, dan 1 sdt madu murni ke dalam segelas air.
    *Minum air rebusan tersebut setiap hari untuk mendapat hasil maksimal dalam menyembuhkan sakit gondok.

Selada Air

Nah, dari beberapa hasil riset selada air diketahui memiliki kandungan yodium yang sangat baik untuk menyeimbangkan hormon kelenjar tiroid dalam tubuh. Di samping itu dengan kandungan yodium yang dimiliki selada air ini pun mampu membantu mengobati penyakit gondok yang disebabkan oleh hipotiroid. Selain itu selada air juga memiliki kandungan lain yang juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk penggunaanya sebagai obat sakit gondok, Anda bisa langsung mengkonsumsi selada air ini sebagai lalapan atau diolah sebagai masakan. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun Sorel

Bahan herbal lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat sakit gondok adalah daun sorel. Daun ini diketahui memiliki sejumlah kandungan mineral salah satunya adalah kandungan yodium yang sangat tinggi. Kandungan yodium yang dimiliki daun sorel ini diketahui sangat efektif untuk membantu mengobati penyakit gondok secara alami. Nah, berikut merupakan cara pengolahan daun sorel untuk obat sakit gondok :

  • tumbuk daun sorel sampai halus
  • setelah itu campurkan minyak zaitun
  • kemudian tempelkan ramuan tersebut pada leher yang terdapat gondok, diamkan selama kurang lebih 20 menit,
  • lalu bilas dengan air dan keringkan,
  • lakukan pengompresan ini setiap hari sampai sakit gondok membaik.

Dari yang diketahui bahan herbal tersebut telah terbukti sangat efektif untuk mengobati penyakit gondok secara alami tanpa menimbulkan efek samping yang dapat merugikan kesehatan. Nah, disamping mengobati penyakit gondok, bahan herbal tersebut juga memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk memelihara kesehatan tubuh dan membantu mengobati berbagai macam penyakit ringan dan berat secar alami dan menyeluruh.

Obat Sakit Gondok – Makanan Khusus Pasien Sakit Gondok

Selain metode di atas, pasien penyakit gondok juga disarankan untuk mengikuti pola makan khusus untuk membantu mempermudah penyambuhan penyakit tersebut, saran tersebut antara lain :

  • Diet rendah cyanoglucoside : yaitu membatasi asupan makanan yang memiliki senyawa cyanoglucoside atau senyawa alami yang dapat menghambat transportasi yodium pada kelenjar tiroid. Beberapa makanan yang memiliki senyawa tersebut diantaranya jagung-jagungan (maizena), rebung, singkong, dan kentang manis.
  • Diet tinggi yodium : maksudnya jika penyakit gondok yang disebabkan karena rendahnya yodium, pengonsumsian garam beryodium tinggi menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengkonsumsi garam yang kaya akan yodium ini dapat membantu mengecilkan ukuran benjolan pada penyakit gondok. Selain itu suplemen atau obat sakit gondok seperti suplemen yodium dan obat levotiroksin juga dapat disarankan untuk mengatasi penyakit gondok.

Obat Sakit Gondok – Komplikasi Penyakit Gondok

Nah, jika penyakit gondok tidak segera ditangani yang menyebabkan penyakit tersebut semakin parah maka hal ini dapat memungkina pasien penderita penyakit gondok tersebut dapat mengalami beberapa komplikasi berikut :

  • Limfoma : gondok atau benjolan yang berjumlah lebih dari satu (multinodul) atau gondok yang disebabkan akibat autoimun dapat berisiko menyebakan limfoma.
  • Sepsis : nah, jika sudah mengalami tiroid abses atau terdapatnya kumpulan nanah pada kelenjar tiroid, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya sepsis atau infeksi darah.
  • Penekanan pita suara (trakea) : kondisi dapat terjadi jika gondok atau benjolan memiliki ukuran yang cukup besar. Hal ini dapat menyebabkan jaringan di sekitarnya tertekan terutama pada trakea. Selain gangguan pita suara, kondisi ini pun dapat menyebabkan kesulitan bernapas.
  • Nyeri, pendarahan dan kematian jaringan : ketiga komplikasi ini dapat terjadi pada gondok jenis nodul.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya Anda segera melakukan pengobatan yang disarankan dokter. Anda juga dapat mengobatinya dengan beberapa obat sakit gondok alami, seperti mengkonsumsi beberapa tanaman herbal penyembuh gondok atau dengan mengkonsumsi obat sakit gondok herbal yang berlegalitas.

Nah, itu dia beberapa informasi kesehatan seputar obat sakit gondok yang dapat saya sampaikan. Saya harap artikel ini dapat membantu kalian yang sedang membutuhkan informasi mengenai penyakit gondok, walaupun hanya sedikit saya sudah senang kok :). Dan terimakasih atas kunjungan sobat sekalian.