Obat Sakit Kista Payudara Dengan Medis dan Alami

Obat Sakit Kista Payudara – Hai sobat herbal??? Jumpa lagi nih dengan saya adminya jamuobat.com, situs yang menyediakan beragam informasi seputar kesehatan yang akurat dan relefan. Nah, untuk pertemuan kali ini, saya akan membantu Anda yang sedang mencari informasi mengenai obat sakit kista payudara. Untuk informasi kali ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai obat sakit kista payudara secara medis dan alami yang terbukti efektif dan aman.

Walaupun kista payudara ini tidak berbahaya dan tergolong penyakit jinak, serta tidak mengarah pada penyakit kanker. Namun, kista payudara juga perlu ditangangi dengan pemberian obat sakit kista yang tepat dan sesuai untuk menghilangkan dan mencegah kista payudara timbul kembali.

Penyakit Kista Payudara

Kista payudara sendiri merupakn suatu penyakit yang terjadi ketika terdapat kantung berisi cairan di dalam payudara. Kantung cairan atau yang disebut kista ini memiliki bentuk benjolan bulat atau oval yang berisi cairan. Kista payudara bisa muncul dengan ukuran yang sangat kecil ataupun besar. Dari yang diketahui kista payudara memiliki ukuran sekitar 1-2 inci (2.5 sampai 5 cm). Nah, jika benjolan yang muncul memiliki ukuran yang besar, maka dapat menyebabkan jaringan payudara yang berada di dekatnya dapat tertekan dan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada payudara. Sehingga untuk mengatasi masalah ini perlu penanganan atau pemberian obat sakit kista payudara yang sesuai dan tepat.

Obat Sakit Kista Payudara Dengan Medis dan Alami

Kasus penyakit kista payudara ini dapat dialami oleh setiap wanita. Namun, dari yang diketahui penyakit kista payudara lebih rentan menyerang wanita berusia 35 sampai 50 tahun yang belum mengalami manopause. Kista dapat muncul pada satu atau kedua belah payudara. Selain itu, kista yang muncul pun dapat terdiri dari satu atau beberapa kista pada payudara. Terbentuknya kista payudara ini terjadi karena adanya kumpulan cairan dalam kelenjar payudara dan jaringan di sekitarnya. Hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam siklus menstruasi. Kista payudara ini dapat diatasi dengan melakukan penyedotan cairan kista, pemberian obat sakit kista payudara yang tepat dan sesuai, serta dengan melakukan operasi. Metode pengobatan yang dilakukan biasanya ditentukan berdasarkan gejala yang dialami oleh pasien.

Gejala Kista Payudara

Pada kasus tertentu kista payudara yang berukuran kecil mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, jika ukuran kista membesar mungkin dapat menimbulkan beberapa gejala. Biasanya gejala yang ditimbulkan akibat kista payudara ini adalah :

  • terasa nyeri atau sakit di daerah payudara.
  • terdapat benjolan/nodul yang terasa lunak.
  • ukuran benjolan akan semakin membesar saat menjelang menstruasi, dan akan mengecil setelah menstruasi.
  • benjolan/nodul ini juga dapat bergeser dengan batasan yang jelas,
  • puting susu akan mengeluarkan cairan berwarna kuning, bening atau coklat.

Penyebab Kista Payudara

Penyebab dari kista payudara sendiri belum dapat diketahui secara pasti. Namun, kemunculan kista ini dikaitkan dengan tingginya kadar hormon etsrogen dalam tubuh. Dari yang diketahui peningkatan hormon estrogen ini dapat memicu terjadinya perubahan jaringan payudara, sehingga hal ini dapat menyebabkan terbentuknya kista di dalam payudara. Selain itu, kemunculan kista ini juga dikatakan berkaitan juga dengan adanya perubahan hormon pada wanita, terutama saat terjadinya siklus menstruasi setiap bulannya.

Di samping itu terdapat pendapat lain yang meyakini bahwa kista payudara ini terjadi akibat kelenjar dan jaringan ikat pada payudara menghambat saluran susu, sehingga hal ini menyebabkan kelenjar dan jaringan ikat tersebut melebar dan terisi cairan. Kasus kista payudara yang disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen mungkin dapat diatasi dengan pemberian obat sakit kista payudara yang dapat menyeimbangkan kadar hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Diagnosis Kista Payudara

Nah, untuk mengetahui atau memastikan benjolan yang terdapat pada payudara adalah kista dan bukan jenis pertumbuhan abnormal lainnya. Kemungkinan dokter akan melakukan beberapa serangkaian pemeriksaan dan pemindaian. Beberapa di antaranya adalah :

  • Pemeriksaan fisik
    kemungkina sebelum melakukan pemeriksaan fisik dokter akan membahas beberapa gejala yang dirasakan oleh pasien. Setelah itu dokter akan melanjutkan dengan melakukan pemeriksaan fisik secara keseluruhan termasuk pada benjolan yang terdapat pada payudara.
  • Pemeriksaan cairan pada benjolan di payudara
    Nah, pada pemeriksaan ini dokter akan memasukan jarum ke dalam benjolan yang terdapat pada payudara untuk mengambil cairan dari kista tersebut. Jika hasilnya cairan tersebut tidak mengandung darah dan kista tersebut menghilang ketika cairan tersebut diambil, maka hal ini tidak perlu melakukan pemeriksaan lanjutan. Namun, jika cairan yang diambil mengeluarkan darah atau tidak ada cairan yang keluar dari benjolan tersebut, maka hal ini perlu pemeriksaan lanjutan berupa pemindaian jarinan payudara.
  • Pemindaian Jaringan Payudara
    Jenis pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil foto rontgen, mammogram atau USG. Pemeriksaan mammogram bertujuan untuk mendeteksi apakah kelenjar payudara mengalami pemadatan jaringan atau kalsifikasi. Sedangkan pemindaian payudara menggunakan USG bertujuan untuk memastikan apakah benjolan tersebut berisi cairan atau padat. Jika dari hasil tersebut menyatakan bahwa benjolan tersebut berisi cairan, maka benjolan tersebut dapat didiagnosis sebagai kista payudara.

Pengobatan Kista Payudara

Pada umumnya, penyakit kista payudara ini tidak perlu mendapatkan penanganan atau pengobatan dari dokter. Namun, pada kasus tertentu kemungkinan dokter akan menyarankan beberapa obat sakit kista yang dapat meringankan rasa nyeri pada payudara yang terdapat pada kista. Beberapa obat sakit kista payudara yang biasa disarankan dokter adalah paracetamol, ibuprofen, dan naproxen. Obat-obatan jenis ini dapat Anda beli di apotek-apotek terdekat.

Namun, jika seiring waktu berjalan kista payudara membesar dan mulai menganggu kenyamanan. Kemungkinan dokter akan melakukan beberapa jenis penanganan, beberapa di antaranya :

  • Terapi Hormon
    Metode penanganan ini hanya direkomendasikan pada penderita kista payudara yang memiliki tingkat keparahan yang tinggi. Hal ini dikarenakan efek samping yang dapat ditimbulkan kista ini sangat signifikan. Selain itu, metode dengan memberikan terapi hormon ini juga digunakan pada kasus kista payudara yang sering kambuh. Biasanya obat sakit kista payudara yang digunakan untuk terapi hormon ini adalah tamoxifen atau pil KB.
  • Mengeluarkan Cairan Kista
    Metode penanganan ini dilakukan dengan cara menyedot cairan kista payudara dengan jarum yang digunakan pada saat pemeriksaan cairan kista. Tujuan dari terapi ini adalah untuk mengeluarkan cairan yang ada pada kista payudara. Namun, metode penanganan ini hanya bersifat sementara dan perlu dilakukan ulang atau lebih dari satu kali. Hal ini dikarenakan biasanya kista akan muncul kembali.
  • Operasi
    Untuk metode jenis ini hanya dilakukan jika kista payudara memiliki cairan yang mengandung darah, hilang timbul (kambuh) selama berbulan-bulan atau kista menunjukan tanda-tanda yang mengkhawatirkan.

Obat Sakit Kista Payudara Secara Alami dan Efektif

Nah, selain pengobatan medis, ternyata jika kista tak kunjung hilang dan kembali timbul lagi, Anda dapat mencoba obat sakit kista payudara secara alami di rumah. Beberapa cara pengobatan kista payudara secara alami ini antara lain :

  • mengkompres kista payudara dengan air hangat atau dingin untuk meredakan rasa nyeri atau sakit di payudara,
  • menggunakan bra yang tepat atau yang dapat menyangga payudara dengan nyaman juga dapat menjadi alternatif obat sakit kista payudara yang alami,
  • mengkompres payudara yang terasa sakit akibat kista payudara dengan kaus kaki bersih berisi beras yang sebelumnya telah di hangatkan pada microwave atau panci,
  • mengaplikasikan daun kubis pada payudara yang terdapat kista selama 3 menit,
  • mengkompres payudara dengan kain yang dicelupkan pada larutan hangat yang telah dicampuri minyak esensial chamomile dan lavender,
  • mengkonsumsi campuran air dan ekstrak jus rumput gandum yang telah dibekukan setiap hari,

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai obat sakit kista payudara yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi mengenai obat sakit kista payudara ini dapat bermanfaat bagi Anda dan terimakasih atas kunjungan sobat setia jamuobat.com. Sampai jumpa di pertemuan informasi kesehatan berikutnya…