Obat Skorbut -Tanda Gejala Dan Penyebabnya

Obat Skorbut ,. Kembali lagi di website http://www.jamuobat.com  merupakan situs resmi kami yang menyediakan berbagai informasi kesehatan untuk anda. Kali ini, kami akan kembali memberikan informasi lengkap tentang Obat sakit Skorbut obat penyakit Skorbut. Apa sih itu Skorbut? untuk anda yang mungkin belum tau apa itu skorbut, alangkah baik nya    anda menyimak informasi tentang Obat Skorbut Tanda Gejala Dan Faktor Penyebabnya.

Skorbut atau yang sering di sebut scurvy oleh ahli kedokteran merupakan satu penyakit yang terbilang langka yang terjadi pada tubuh disaat tubuh Kekurangan Vitamin C, Skorbut bisa menyerang siapapun dan kapanpun pada usia yang tidak bisa di tentukan. Jika tubuh mengalami Skorbut biasa nya di tandai dengan pendarahan pada gusi, usus, kulit dan lain sebagai nya.

Obat Scorbut dan Gejalanya

Meski bukan tergolong penyakit yang serius dan berbahaya untuk kesehatan, namun skorbut menjadi salah satu penyakit yang sangat di hiraukan oleh masyarakat karena seorang penderita skorbut dapat lehilangan nafsu makan, mudah pusing, mual, mudah marah serta dapat menurunkan berat badan. Meskipun skorbut menjadi penyakit yang di hiraukan, tapi tenang untuk anda yang kini mengalami atau menderita skorbut, kini kami akan memberikan informasi lengkap tentang obat sakit skorbut obat penyakit skorbut yang alami.

obat skorbut

Tanda Gejala Skorbut

Gejala awal seseorang menderita skorbut adalah seperti mudah lelah, mudah marah, lemah, kehilangan nafsu makan serta berat badan. Biasanya tanda awal gejala skorbut seperti itu dapat terlihat pada penderita skorbut yang mengalami kekurangan Vitamin C dalam kurun waktu hingga 8-12 minggu. Lain hal nya dengan seseorang yang kekurangan Vitamin C hingga mencapai waktu 3 bulan, jika seseorang mengalami kekurangan Vitamin C hingga 3 bulan dapat di katakan tubuh mengalami kekurangan asupan Vitamin C yang kronis, dan dapat di pastikan tubuh menderita penyakit skorbut. Jika seseorang mengalami kekurangan Vitamin C yang kronis, dapat diamati gejala skorbut yang di alami oleh tubuh sebagai berikut:

  • Munculnya bintik Merah atau biru pada kulit, yang biasanya terjadi pada tempat yang sering kali munculnya rambut atau folikel rambut pada kulit.
  • Nyeri pada tungkai dan anggota Gerak badan
  • Nyeri sendi, akibat pendarahan pada sendi yang parah
  • Bekas luka yang tak kunjung sembuh, hingga memerah dan membengkak
  • Kulit mudah lebam
  • Sering marah marah
  • Sering merasa lelahh, letih, lesu setiap hari

Berbeda dengan tanda gejala skorbut yang di derita pada balita, jika dalam pembahasan diatas sebelumnya bahwa skorbut mampu menyerang siapapun dan kapanpun tanpa tau batasan usia, berikut akan kami jelaskan mengenai gejala awal balita menderita skorbut seperti berikut :

Biasa nya jika balita mengalami skorbut, gejala yang di rasakan tidak terlalu parah seperti apa yang di rasakan oleh orang dewasa, namun tubuh akan merasakan demam, pusing,diare, tidak nafsu makan serta terlambatnya penambahan berat badan pada balita.

Faktor Penyebab Skorbut

Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa penyebab utama skorbut ialah kekurangan Vitamin C yang cukup parah, sehingga jika tubuh mengalami kekurangan Vitamin C hingga berbulan bulan, akan menyebabkan tubuh mengalami terganggunya produksi kolagen yang akan merusak jaringan tubuh secara perlahan, Namun ahir ahir ini ahli kedokteran mengatakan jika penyebab skorbut bukan hanya kekurangan Vitamin C, namun akibat tidak optimal nya penyerapan Vitamin C dalam tubuh yang di sebabkan oleh diet buruk yang di lakukan seseorang, makan terlalu sedikit, merokok, sedang hamil atau sedang menyusui.

Nah, itulah faktor penyebab skorbut pada balita hingga dewasa yang bisa kita hindari. Namun jika saat ini anda telah mengalami skorbut, tidak usah khawatir karena kami akan memberikan beberapa informasi tentang obat skorbut.

Obat Skorbut

Kekurangan Vitamin C masih menjadi faktor utama seseorang menderita skorbut, karena jika seseorang mengalami kekurangan Vit C dalam tubuh, akan membuat tubuh mengalami kerusakan kolagen yang mengakibatkan regenerasi kolagen menjadi terganggu dan tidak ada aktivitas pembentukan kolagen dalam tubuh. Cara utama yang paling mudah untuk mengatasi skorbut ialah dengan cara memperhatikan asupan Vitamin C dalam tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan Vitamin C dan dapat menjalankan aktivitas nya untuk membentuk kolagen, berikut kadar minimum Vitamin C yang di butuhlan oleh tubuh dan di sarankan oleh Food and Nutrition Board of the National Academy of Sciences:

  • wanita hamil usia di bawah 18 tahun membutuhkan 80 mg Vitamin C dalam tubuh
    Wanita hamil usia 19-50 tahun membutuhkan 85 mg Vitamin C dalam tubuh
  • Wanita menyusui Di bawah 18 tahun membutuhkan 115 mg Vitamin C dalam tubuh
    Wanita menyusui usia 19-50 tahun membutuhkan 120 mg Vitamin C dalam tubuh
  • Bayi usia 0-6 Bulan membutuhkan 40 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
    Bayi usia 7-12 Bulan membutuhkan 50 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
  • Anak-anak Usia 1-3 tahun membutuhkan 15 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
    anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan 25 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
  • Laki-laki usia 9-13 tahun membutuhkan 45 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
    Laki-laki usia 14-18 tahun membutuhkan 75 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
    Laki-laki usia 19-70 tahun membutuhkan 90 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
  • Perempuan usia 9-13 tahun membutuhkan 45 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
    Perempuan Usia 14-18 tahun membutuhkan 65 mg asupan Vitamin C dalam tubuh
    Perempuan Usia 19-70 tahun membutuhkan 75 mg asupan Vitamin C dalam tubuh

Maka dari pada itu, Asupan Vitamin C sangat penting untuk tubuh, selain untuk menghindari tubuh terkena skorbut juga mampu mengobati seseorang yang sudah terkena skorbut. Berikut beberapa bahan alami yang memiliki kadar Vitamin C sangat tinggi yang mampu memenuhi kadar Vitamin C dalam tubuh sehingga membantu seseorang untuk menyembuhkan skorbut adalah sebagai berikut :

  • Tomat
    Tomat merupakan salah satu jenis buah buahan/sayuran yang mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang baik untuk tubuh, selain mampu memenuhi asupan nutrisi Vitamin C dalam tubuh, tomat juga mampu memelihara kesehatan gigi, gusi, serta mampu mengobati luka di mulut atau yang sering di sebut skorbut.
  • Jeruk
    Jeruk merupakan salah satu jenis buah buahan yang sudah terkenal mengandung Vitamin C yang baik untuk tubuh yang dapat dijadikan sebagai obat skorbut alami dari alam, selain baik untuk pengobatan skorbut, jeruk juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Sayur sayuran
    Tahukah anda jika Vitamin C yang di butuhkan oleh tubuh tidak hanya terkandung dalam buah-buahan? iya Vitamin C yang di butuhkan oleh tubuh juga terdapat pada sayur-sayuran, mengapa harus sayur-sayuran? karena dalam sayur-sayuran memiliki kandungan Vitamin C yang baik untuk tubuh dan tidak banyak orang mengetahui tentang hal itu, yang mampu memenuhi kadar Vitamin C dalam tubuh serta dapat di jadikan obat skorbut alami dari alam. Macam macam Sayuran yang di maksud seperti lobak, kecambah, seledri, selada, kobis, kacang dan lain sebagainya.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan tentang obat skorbut, tanda gejala dan penyebabnya. Tulis komentar pada kolom komentar yang telah di sediakan dan share ke temanmu untuk membantu memberikan informasi kesehatan ini.