Obat Wasir Alami Dari Tumbuhan Yang Aman

Obat Wasir Alami Dari Tumbuhan -, Selamat datang di www.jamuobat.com, yang mana merupakan situs penyedia informasi kesehatan dan juga pengobatan penyakit secara medis dan alami yang terpercaya. Adapun pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan terkait obat wasir lengkap dengan gejala dan penyebanya. Lalu sebenarnya, apa itu wasir?

obat wasir

Wasir adalah suatu kondisi terjadinya pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah vena yang terdapat disekitar rektum dan juga anus. Kondisi yang juga terkenal dengan sebutan ambeien atau hemoroid ini, pada umumnya bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak dan juga ibu hamil.

Setidaknya, ada 2 jenis penyakit wasir yang paling sering dialami oleh penderitanya:

  • Internal hemmoroid: wasir ini sering kali muncul di dalam saluran rektum, yang mana biasanya tidak menimbulkan nyeri namun menyebabkan BAB berdarah.
  • External hemorrhoid. Jenis wasir ini biasanya muncul di luar anus dan mungkin akan terasa gatal atau nyeri namun terkadang bisa robek dan juga berdarah.

Pada umumnya, wasir tidak termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya dan menular. Bahkan wasir bisa sembuh dengan sendirinya maupun dapat disembuhkan dengan obat wasir di apotik yang di jual secara bebas, maupun yang telah di resepkan oleh dokter.

Obat wasir alami dari tumbuhan tradisional yang aman untuk anak dan dewasa

Selain secara medis, ternyata cara mengobati wasir juga bisa bisa dilakukan secara alami. Diantaranya terdapat beberapa tumbuhan disekitar kita yang ternyata dapat kita manfaatkan sebagai obat herbal wasir yang aman di gunakan pada anak maupun dewasa diantaranya adalah:

1. Lidah buaya

Selain untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga ternyata bisa dijadikan pengobatan alternatif wasir. Hal tersebut dikarenakan didalamnya mengandung zat sifat anti radang. Selain itu, gelnya yang sejuk juga bisa menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien di anus.

Zat arakuinon yang terdapat didalam lidah buaya juga mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan juga mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat feses pada usus akan lebih mudah bergerak hingga mencegah terjadinya penyumbatan yang dapat menjadi pemicu ambeien.

2. Bawang putih

Bahan alami yang sering di temukan di dapu juga nyatanya diketahui dapat menjadi obat wasir paling ampuh. Bawang putih atau allium sativum ini diketahui mengandung belerang, asam amino, mineral dan beberapa enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase, juga zat anti radang dan zat antibakteri yang baik untuk mengatasi wasir.

Adapun fungsi bawang putih dalam mengobati ambeien sendiri adalah meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai macam bakteri dalam usu juga melindungi pembuluh darah. Untuk pengobatan ambeien, Anda bisa mengoseskan bawang putih yang sebelumnya telah di potong menjadi dua bagian pada daerah yang terkena. Anda juga bisa memakannya secara langsung.

3. Cuka apel

Obat wasir tradisional lainnya yang bisa Anda gunakan adalah cuka apel. Seperti halnya beberapa obat alami wasir sebelumnya, cuka apel cuka mengandung anti radang yang baik untuk pengobatan wasir. Cara penggunaannyapun cukup mudah. Cukup dengan merendam kapas dalam cuka apel, kemudian oleskan secara perlahan ke daerah wasir.

Ulangi proses ini hingga peradangan menghilang dan rasa sakit mereda. Anda juga bisa mencampurkan air dengan cuka apel saat membilas bagian anus dan saat Anda mandi.

5. Kulit pohon ek putih

Obat wasir herbal yang satu ini berasal dari kulit kayu ek yang memiliki warna putih atau dikenal dengan nama quercus alba. Meski mungkin masih jarang di dengar, namun anda bisa dengan mudah menemukannya di toko obat terdekat. Didalamnya terkandung antiseptik, tonik dan juga hemostatik yang mana mampu mengurangi gejala ambeien terutama pada tingkatan parah, yang menyebabkan mengeluarkan darah.

Adapun untuk penggunaannya sebagai obat tradisional wasir, Anda bisa merebus atau mengukus kulit pohon ek putih yang biasanya diresbus atau dikukus untuk menghasilkan cairan, untuk selanjutnya dioleskan pada bagian anus yang terkena ambeien.

Adapun selain dari pada itu, basih banyak tumbuhan maupun bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat wasir. Diantaranya seperti akar kangkung, daun handeuleum (daun ungu), tanaman sosor bebek, bunga pagoda, akar kangkung, daun sirsak dan juga kulit manggis.

Meski Anda telah mengetahui berbagai pengobatan wasir secara alami, namun tak ada salahnya jika kini mewaspadai penyebab dan gejala yang ditimbulkannya sejak dini, guna mengantisipasi kondisi ini lebih awal juga sebagai upaya pencegahan.

Ini penyebab dan gejala wasir ini harus Anda waspadai!

Berbicara mengenai penyebab wasir, kondisi ini nyatanya belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun, kondisi ini tak jarang dikatkan dengan terjadinya peningkatan tekanan tekanan darah yang berada di anus dan sekitarnya. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh terlalu lama mengejan saat buang air besar, terutama akibat konstipasi. Adapun selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan wasir atau hemmoroid. Diantaranya:

  • Faktor genetik
  • Kehamilan
  • Obesitas
  • Usia yang semakin menua
  • Sering mengangkat beban terlalu berat
  • Sering duduk dalam waktu yang cukup lama
  • Batuk secara terus menerus
  • Sering muntah
  • Sering melakukan hubungan melalui anus.

Sedangkan untuk gejalanya, tidak semua penderita wasir tidak mengalami gejalanya, terlebih pada kasus hemorrhoid ringan. Adapun jika ada, berikut adalah beberapa ciri-ciri wasir yang sering kali dialami oleh penderitanya:

  • Terjadi pendarahan setelah buah air besar, dengan warna darah merah terang
  • Terdapat lendir setelah buang air besar
  • Terjadi pembengkakan, rasa nyeri dan kemerahan pada area anus yang terkena wasir
  • Terjadi gatal-gatal di sekitar anus

Jika Anda mengalami beberapa gejala penyakit wasir diatas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Karena jika dibiarkan, gejala tersebut bisa menjadi lebih parah dan pengobatan yang dilakukanpun harus dilakukan dengan tindakan pembedahan atau operasi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar obat wasir alami dari tumbuhan. Apabila Anda merasa informasi ini sangat penting, Anda bisa membagikan informasi kesehatan ini pada teman maupun kerabat pada akun sosial media Anda ya. Salam sehat!